Beranda | Artikel
Orang Zuhud Yang Meninggalkan Ilmu
Senin, 4 Juli 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Orang Zuhud Yang Meninggalkan Ilmu ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin 4 Dzulhijjah 1443 H / 4 Juli 2022 M.

Kajian Islam Tentang Talbis Iblis Terhadap Orang-Orang Zuhud dan Ahli Ibadah

Ibnul Jauzi berkata bahwa salah satu talbis iblis terhadap orang-orang zuhud adalah memalingkan mereka dari menuntut ilmu dengan alasan sibuk untuk merealisasikan kezuhudan. Dengan begitu mereka sudah menukar sesuatu yang mulia dengan sesuatu yang rendah. Mereka menukar ilmu dengan kejahilan. Ini tidak lain karena anggapan mereka bahwa zuhud itu tidak perlu ilmu. Bahkan pandangan sebagian orang bahwa ilmu itu menghalangi seseorang dari zuhud. Mereka menganggap bisa meraih kezuhudan tanpa ilmu.

Ini syubhat yang dibersihkan setan ke telinga sebagian orang yang ingin zuhud tapi tanpa ilmu.

Agama Islam adalah agama fitrah. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak mentolerir apapun yang membuat manusia keluar dari fitrah. Karena salah satu tujuan syariat diturunkan adalah menjaga manusia kepada fitrahnya, mencegah mereka agar tidak keluar dari fitrah mereka. Apapun yang dapat memalingkan mereka dapat menjadi fitrah mereka itu dilarang dalam agama.

Maka salah satu tipu daya setan terhadap manusia adalah mengeluarkan mereka dari fitrah. Mengganti-ganti ciptaan Allah, hingga merusak fitrah mereka sebagai hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Perlu ilmu untuk dapat melaksanakan ibadah-ibadah yang diinginkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Orang-orang memilih sikap hidup zuhud tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Maka hal ini tidak bisa dicapai kecuali dengan ilmu. Hingga kita tahu bagaimana Allah menghendakinya dan bagaimana kita melakukannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51870-orang-zuhud-yang-meninggalkan-ilmu/